Hosting Unlimited Indonesia

Lamin Etam – Whatsapp berbayar? Anda pasti menjadi salah satu pengguna setia aplikasi WhatsApp di telepon genggam pribadi kan. Setelah bertahun-tahun anda memakainya secara gratis, lalu bagaimana jika aplikasi chatting ini mulai berbayar?

Facebook, yang telah akuisisi kepemilikan Whatsapp pada 2014 lalu dikabarkan akan melakukan monetisasi terhadap aplikasi terpopuler sejagat itu, dengan biaya berlangganan sebesar US$ 1 atau setara Rp 14.000 per tahun.

Rencana Whatsapp dalam meraup pundi keuntungan dibocorkan oleh dua analis media sosial yang kebetulan hadir dalam acara Facebook Marketing Summit di Berlin, Jerman pada Mei 2019.

Facebook juga sudah mengkonfirmasi kabar adanya rencana monetisasi ini akan segera direalisasikan pada 2020, meskipun belum jelas kapan pastinya akan mulai diberlakukan.

Jika sudah diberlakukan maka pengguna WhatsApp juga akan melihat iklan di antara status para pengguna lainnya. WhatsApp akan mengambil keuntungan ketika pengguna melihat iklan di status pengguna lainnya

Whatsapp Berbayar

Perdebatan seputar monetisasi WhatsApp dengan iklan inilah yang dikabarkan membuat dua pendiri perusahaan, Brian Acton dan Jun Koum hengkang dari perusahaan.

Mereka menolak WhatsApp menghadirkan iklan di aplikasi whatsapp. Namun, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg ingin agar monetisasi ini bisa segera diterapkan.

Brian Acton dan Jun Koum mendirikan WhatsApp pada tahun 2009 ini, diakuisisi Facebook senilai US$19 miliar atau setara dengan Rp266 triliun pada tahun 2014 .

BACA JUGA  Optimasi Akun facebook untuk Jualan

Dilansir dari Feedough, (9/1/2020), dikatakan para pendiri Whatsapp membenci iklan dan menciptakan platform bebas iklan dengan fokus hanya pada pengalaman pengguna dan antarmuka yang bagus.

Brian Acton dan Jan Koum saat mulai membuat aplikasi Whatsapp, berkeinginan menciptakan sebuah platform instant messaging untuk kenyamanan pengguna aplikasi, jadi bukan untuk perusahaan besar yang berbisnis iklan

Untuk mendapat keuntungan, whatsapp memiliki cara yaitu pengguna aplikasi diharuskan membayar tagihan. Jadi nantinya, para pengguna Whatsapp akan ada versi yang berbayar dan biaya yang akan dikenakan tahunan sebesar $ 1 dari pengguna.

Sebelum rencana monetisasi aplikasi whatsapp berjalan, Sebenarnya mereka sudah meraup pendapatan dari WhatsApp Business yang ditujukan khusus sebagai tempat berikan dan berkomunikasi penjual dengan pembelinya.

Jadi, Anda lebih memilih WhatsApp pribadi yang beriklan atau berlangganan Rp 14.000 per tahun?

Salam Hangat
Lamin EtamMindset Bisnis

Facebook Comments
AdvertisementLamin Etam Advertising