Hosting Unlimited Indonesia

Lamin Etam – Tips Memanfaatkan Uang Pesangon dengan Bijak. Sebagai seorang pekerja di suatu perusahaan yang secara tidak langsung akan sangat bergantung pada kelangsungan perusahaan tersebut, menjadikan dia harus bijak dalam mengatur keuangan sendiri. Kita dia bisa memastikan perusahaan tersebut akan berjaya terus atau malah kalah bersaing dengan peruahaan lain hingga akhirnya bangkrut.

Beberapa hal yang bisa menjadi kebijakan perusahaan yang sedang mengalami masa sulit biasanya berdampak pada pekerjanya, salah satunya ialah PHK. Sebenarnya PHK tidak serta merta merugikan pekerja, karena beberapa diantaranya ialah pekerja tersebut akan diberi uang pesangon.

Pada umumnya uang pesangon yang didapat oleh pekerja habis digunakan begitu saja karena pemanfaatan yang kurang bijak, alhasil setelah tidak lagi bekerja beberapa orang merasakan kesulitan dan kebingungan akan biaya hidup mereka, buat anda yang akan pensiun berikut 7 tips memanfaatkan uang pesangon dengan bijak:

1. Berbelanja barang yang dibutuhkan saja

Ketika kita sedang mempunyai uang apa lagi dengan jumlah yang cukup banyak, keinginan untuk membelanjakan uang tersebut dalam rangka memuaskan diri pasti ada. Usahakan untuk menggunakan uang pesangon dengan membeli barang yang dibutuhkan saja. Jangan hanya karena sedang memiliki banyak uang dari pesangon tersebut kita boros dalam menggunakannya.

2. Jika mempunyai hutang, bayarlah terlebih dahulu

Kita tidak akan tau apa yang akan teradi kedepannya. Setelah PHK bisa jadi kita akan menjadi seorang penganguran untuk beberapa waktu, dengan membayar hutang setidaknya kita bisa sedikit tenang dan lepas dari beban hutang yang kita punya. Setelahnya terserah perencanaan dari kita bagaimana, apa ingin bekerja lagi atau memulai usaha yang terpenting kita sudah tidak mempunyai beban hutang.

BACA JUGA  Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan

3. Menggunakan sebagian untuk usaha dan bangun bisnis

Setelah tidak lagi bekerja, sebagian orang biasanya berpikir untuk usaha dan membangun bisnis sendiri. Menggunakan sebagian uang pesangon untuk usaha dan membangun bisnis akan jauh lebih baik dari pada melakukan usaha dengan uang pinjaman. Mulailah usaha dari nol dan modal yang sangat kecil untuk melihat seberapa prospek kedepannya usaha yang akan dijalani, sehingga uang pesangon bisa dimanfaatkan dengan sangat baik.

4. Menabung

Menabung juga hal penting bagi kita, ketika sebagian uang pesangon sudah dipergunakan untuk keperluan lain sisihkanlah sebagian lagi untuk ditabung. Dengan menabung akan ada beberapa manfaat bagi kita yang bisa digunakan pada kemudian hari, setidaknya ada sebagian uang pesangon yang utuh dan bisa dipergunakan di kemudian hari jika ada kebutuhan mendesak dari pada habis tak berbekas.

5. Sedekah

Sedekah menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan kepada kita. Dengan bersedekah kita bisa berbagi dengan sesama atas rezeki yang kita miliki. Sisihkan uang pesangon kita sebagian untuk kita sedekahkan kepada orang yang membutuhkan, sedikit berbagi akan menjadikan rezeki yang kita dapat juga bisa dirasakan orang lain.

6. Investasi jangka panjang

Beberapa pekerja yang sudah berpuluh-puluh tahun bekerja di suatu perusahaan biasanya akan mendapat uang pesangon yang cukup besar karena masa kerja karyawan mempengaruhi jumlah pesangon yang akan didapat.

BACA JUGA  Mengeksploitasi Kepercayaan Pelanggan Menjadi Ladang Omset

Jika memungkinkan gunakanlah sebagian uang tersebut untuk investasi jangka panjang seperti membeli tanah, sawah, ruko dan lainnya. Dengan investasi jangka panjang tersebut setidaknya bisa kita pergunakan untuk masa tua kita jika sudah tidak memungkinkan untuk bekerja.

7. Sisihkan untuk dana cadangan keperluan mendadak

Jangan lupa sisihkan beberapa dana cadangan untuk keperluan mendadak seperti contohnya untuk berobat ketika sakit. Setelah PHK beberapa pekerja tidak lagi bisa memanfaatkan fasilitas kantor mereka salah satunya ialah asuransi kesehatan, dengan dana cadangan setidaknya kita lebih bisa siap menghadapi sesuatu hal yang tidak kita duga sebelumnya.

Itulah 7 tips memanfaatkan uang pesangon dengan bijak. Rejeki memang sudah diatur oleh Tuhan, akan tetapi kita juga harus bijak dalam mempergunakannya. Tidak ada jaminan ke depannya bagi seseorang yang terkena PHK untuk bisa bekerja kembali atau bahkan sukses dengan usahanya.

Setidaknya dengan sikap kita yang bijak dalam menggunakan uang pesangon, kita dapat sedikit mencegah kemungkinan buruk yang terjadi ke depannya.

Salam Hangat

Lamin Etam Advertising
Mindset Bisnis

Facebook Comments
AdvertisementLamin Etam Advertising