Hosting Unlimited Indonesia

Lamin Etam – Sebelum saya sharing 15 Strategi Teruji WhatsApp Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan, saya akan coba bercerita terlebih dauhulu bagaimana dalam beberapa tahun ini memaksimalkan Whatsapp Marketing untuk jualan. Semoga dari cerita ini bisa menginspirasi teman-teman untuk menerapkannya juga.

Pokoknya jualan di Whatsapp ga bisa asal promo, ada polanya dan ada caranya. Ga bisa asal-asalan, mesti ada tekniknya.

Kalau teman-teman mau nerapin polanya, saya jamin jualan ga akan sulit, closing terus-menerus bakal teman-teman alami sendiri.

Jadi begini, sejak saya menerapkan pola atau konsep memperbesar leads prospect (kolam prospek) di Facebook dan Whatsapp. Saya ngalamin banyak peningkatan penjualan. Ga Cuma omzetnya yang naik, tapi tiada hari tanpa closing – closing – closing – closing terus.

Oke, lanjut!

Dulu saya pakai Whatsapp Cuma asal-asalan dan sekedarnya. Cuma jualan, Cuma asal promo. Memang ada sih yg closing sih., tapi ya gitu ga bertahan lama. Ujung-ujungnya Cuma kenceng jualan di awal-awal doang. Setelah mencoba menerapkan polanya, closing jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta modal whatsapp bisa terulang terus-menerus.

Bagaimana caranya?
Saya terapkan pola jualan dan mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Dari pola ini saya bisa punya kontak whatsapp hampir 20.000 kontak dan bisa rekrut reseller 2000 reseller lebih, serta closing ratusan juta Cuma dari Whatsapp.

BACA JUGA  Optimasi Akun Facebook Personal untuk Jualan

Jadi begini,

Facebook dan Whatsapp adalah dua aplikasi wajib buat jualan secara online.

Tapi keduanya punya karakteristik beda. Facebook bisa menjangkau banyak calon pembeli, tapi punya beberapa kelemahan, salah satunya ga bisa save no kontak. Beda dengan Whatsapp, WA bisa save no kontaknya.

Kemampuan save no kontak inilah cikal bakal list building di Whatsapp (klo yg mainan SEO ada istilah Link Building)

Ada beberapa poin penting yang wajib teman-teman pahami saat jualan menggunakan Whatsapp.

Saya akan mulai dengan PRINSIP JUALAN DI WHATSAPP. Yuk pantengin satu-satu.

1. Berjualan di Whatsapp GA BOLEH ASAL PROMO, ini prinsip wajib. Saya jamin yg closing pasti bakal sedikit, iya kan?

2. Jangan asal main nebar SPAM IKLAN di grup whatsapp, apalagi di grup WA orang. Dijamin jg sedikit yg closing. Malah diusir dari grup WA. Beriklan di Whatsapp ada caranya. (hayoo siapa yang melakukan ini?)

3. Biar makin kenceng jualannya, gabungkan dua kekuatan Whatsapp dan Facebook. FB bertugas menjangkau banyak orang, Whatsap untuk MENGUMPULKAN KONTAKNYA.

4. Kalau mau mendapatkan tsunami orderan dari Whatsapp, kontak yg kita punya harus sebanyak-banyaknya, dan jangan lupa harus SALING SAVE, supaya kedepannya bisa tetap saling chat dan tentunya bisa broadcast promo produk dong, pastinya dengan cara yg benar.

5. Biar tembus terus jualan di Whatsapp, Anda harus bisa DIPERCAYA, atau sudah dikenal atau setidaknya sudah pernah berinteraksi. Ingat konsep cold warm hot? Ini prinsipnya.

BACA JUGA  5 Fitur Top WhatsApp yang Diprediksi Muncul di 2020

6. GIVING MORE Selling More. Ini prinsip yg akan selalu relevan di teknik jualan apapun. Termasuk di Whatsapp.

7. Gunakan strategi LEADS MAGNET, sebagai teknik pancingan agar bisa mendapatkan banyak data list kontak. Prinsipnya adalah dengan kita berikan LEADS MAGNET, calon data list buyer baru akan mau jadi kontak kita.

8. Terapkan COPYWRITING dan judul promo yg menarik perhatian kalau promonya mau dilirik. Boro-boro closing, dilirik aja enggak atau bahkan chat kita aja ga dibuka. Itu karena judul promonya kurang nendang.

9. Jangan lupa gunakan SCRIPT SALES. Script sales adalah susunan kalimat yang dapat mengarahkan calon pembeli utk bisa tembus closing.

10. Kombinasikan teknik jualan ini: Japrian, blusukan di grup, bangun kolam sementara (WARM MARKET), kolam permanen (HOT MARKET). Ingat pegang prinsip ini. Jualan bakalan susah kalo fokus ke cold market.

11. Masih ingat SALES FUNNEL kan? Nah dalam Whatsapp marketing, Sales funneling sangat wajib dilakukan. Ingat banjir orderan di Whatsapp itu membutuhkan persiapan dan proses dalam membangun funnel, ga bisa asal save no kontak langsung diberondong promo.

Sampai disini mulai kebayang?

12. Jualan di Whatsapp akan sangat jauh lebih kerasa hasilnya bukan ketika jualan sendiri, melainkan jualan BERSAMA PASUKAN atau TEAM. Prinsip paling penting menggunakan Whatsapp adalah jangan Cuma jualan secara direct (langsung), tapi mulailah membangun pasukan reseller di Whatsapp.

13. Pelajari dan pahami FB Ads dan FB organik. Biar lebih cepat gunakan keduanya untuk menambah daftar kontak list building WA. Tapi ingat, prinsipnya jangan langsung jualan.

BACA JUGA  Fase Sebelum Konsumen Membeli Produk Anda

14. Prinsip dalam melakukan penjualan di Whatsapp. JUALAN BERSAMA RESELLER tingkat closingnya lebih besar dibanding JUALAN SENDIRIAN.

15. Lakukan semua teknik dan strategi diatas dengan KONSISTEN. Jika tidak, hasil yang teman-teman dapatkan bakal minim pakai banget. Konsisten terapin pola, sales funneling wa, terapin sales script, copywriting wa yg menarik, bangun pasukan dan closing yg benar

Saya mau tekankan poin pertama hari ini.
Jangan berpikir untuk ngomongin tentang jualan di Whatsapp dulu sebelum paham prinsip ini.

Kesemua prinsip diatas kalau Anda terapkan dengan baik hasilkan bakal menggetarkan Omzet Anda. Kuncinya: terapkan pola Whatsapp marketing dengan benar supaya kedatangan banjir orderan. Saya sudah menerapkannya dan merasakan hasilnya. Kini giliran anda untuk mencoba menerapkan 15 Strategi Teruji WhatsApp Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Salam Hangat

Lamin Etam
Sosmed whatsapp

Facebook Comments
AdvertisementLamin Etam Advertising