Hosting Unlimited Indonesia

Lamin Etam Advertising – Satu hal yang saat ini sulit dilepaskan dari kegiatan marketing adalah memanfaatkan media sosial (Facebook Page Insight). Perkembangannya yang begitu cepat disertai penggunaan yang efektif membuat media sosial dapat menjadi tools yang berharga bagi para marketers untuk lebih cepat mencapai target audiens dan juga menemukan insight untuk kebutuhan brand ke depannya. Salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan adalah menggunakan Facebook.

Facebook memang dapat menjadi platform yang efektif untuk mendukung kegiatan pemasaran. Namun, tentunya ketika memanfaatkan atau menggunakan media sosial ini kita perlu juga untuk mengetahui insight dan menganalisa konten yang kita tayangkan sehingga dapat membantu perkembangan brand dan membuat strategi yang dijalankan dapat mencapai objektif. Dan di dalam Facebook sendiri sudah ada tool gratis untuk menemukan insight tersebut yakni, Facebook Page Insight.

Mengapa penting menggunkan Facebook Page Insight

Ketika menggunakan Facebook untuk bisnis (mengubahnya menjadi akun bisnis), kita perlu melakukan upaya yang terstruktur sehingga kegiatan marketing yang dijalankan melalui media sosial dapat benar-benar mencapai tujuan bisnis yang sudah ditentukan.

Dengan melihat Facebook Page Insight dan melakukan analisa, akan membantu kita untuk mendapatkan berbagai informasi yang berharga dan juga dapat mengukur hasilnya sehingga kita dapat mengetahui apakah strategi itu berjalan efektif atau tidak dan juga mengetahui return on investment dari kegiatan yang dijalankan.

Selain itu, kita juga dapat mengetahui bagaimana dan kapan saja audiens melakukan interaksi dengan konten yang kita tayangkan, dan memastikan bahwa laman kita bekerja dengan baik atau tidak terhadap algoritma Facebook.

Lalu apa saja yang perlu ditelusuri ketika menggunakan Facebook Page Insight ini? Seperti apapula tips untuk memaksimalkan Facebook Page Insight?

Hal yang penting di telusuri dalam Facebook Insight

Melihat Facebook Page Insight dapat membantu brand untuk menjawab beberapa pertanyaan penting seputar bisnis yang dikelola. Dan berikut beberapa hal yang penting ditelusuri:

BACA JUGA  5 Strategi Instagram Marketing yang Menunjang Penjualan pada Bisnis Anda

Reach and engagement: Untuk mengetahui berapa banyak orang yang melihat konten yang kita tayangkan. Siapa saja yang berinteraksi dengan konten tersebut. Konten seperti apa yang biasanya di-hide oleh audiens. Dan juga adakah orang yang melaporkan post kita sebagai konten SPAM atau tidak.

Action: Dengan mengetahuinya, kita dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut; Action apa yang dilakukan masyarakat pada halaman bisnis Facebook kita? Berapa orang yang klik tombol click-to-action (CTA) yang kita tayangkan? Berapa orang yang masuk ke dalam situs yang kita kelola dari Facebook?

People: Seperti apa demografi dari audiens yang mengunjungi laman Facebook kita? Kapan waktu-waktu biasanya seseorang mengunjungi laman Facebook yang dikelola? Bagaimana mereka dapat menemukan laman tersebut?

Views: Beberapa informasi yang dapat kita gali dari views ini antara lain, berapa orang yang melihat akun Facebook kita? Section mana yang biasa mereka lihat?

Posts: Penting bagi kita untuk melakukan analisis pada konten yang kita tayangkan untuk mengetahui performanya dari waktu ke waktu.

Dalam melakukan pengukuran data, sebaiknya kita mengukurnya maksimum dalam dua tahun. Alasannya, hal ini akan membuat kita mengetahui informasi yang sifatnya jangka panjang, sehingga kita dapat menelusuri perkembangan konten kita dengan lebih tepat dan terukur. Kita juga dapat mengidentifikasi konten mana yang paling menonjol dan mengundang engagement yang paling tinggi dalam jangka panjang.

Setelah mengukur performa kegiatan marketing yang dilakukan melalui Facebook, selanjutnya kita dapat melakukan analisis terhadap hasil yang didapatkan tersebut untuk menata ulang strategi yang akan kita jalankan berikutnya.

Apa yang dapat dilakukan setelah melakukan analisis

Setelah mengukur dan menganalisis hasil dari kegiatan marketing yang dijalankan, kita akan mendapatkan berbagai informasi yang akan membantu dalam mengembangkan strategi yang akan dijalankan. Dan berikut beberapa strategi yang dapat kita tweak setelah melakukan analisis pada laman Facebook yang kita kelola:

BACA JUGA  Modal Penting Untuk Jago Jualan

Menentukan kembali target audiens

Tentunya kita telah memiliki gambaran siapa saja yang menjadi target audiens. Namun setelah melakukan analisis tadi, apakah orang-orang yang benar-benar mengunjungi laman Facebook kita tersebut adalah target audiens yang diharapkan? Melakukan analisis tersebut tentunya membuat kita menjadi tahu siapa saja yang sebenarnya tertarik dengan konten-konten kita dan produk atau jasa yang ditawarkan.

Untuk lebih memahami secara mendalam seputar audiens, sebenarnya kita juga dapat memanfaatkan tools Facebook lain yakni, Audience Insight. Tetapi Facebook Page Insight juga dapat memberikan gambaran umum mengenai audiens yang berkunjung pada laman yang kita kelola.

Selain itu, dalam Facebook Page Insight kita juga dapat mengetahui siapa saja orang yang engage dengan laman tersebut. Dalam section Action on Page, kita bisa menemukan siapa saja yang melakukan klik pada informasi kontak, tombol call-to-action yang disajikan, atau siapa saja yang masuk ke dalam situs. Kita juga dapat membagi informasi tersebut berdasarkan umur, jenis kelamin, negara, kota dan device yang digunakan.

Dengan mengetahui itu semua, kita dapat menentukan strategi konten yang lebih baik sesuai dengan audiens tadi.

Melakukan apa yang berhasil dan tidak mengulangi kesalahan

Melalui Facebook Page Insight kita dapat mengetahui konten-konten mana saja yang memiliki performa bagus sehingga kita dapat membuat konten-konten yang mirip dengannya.

Di satu sisi, kita juga dapat mengidentifikasi konten mana yang mengundang engagement negatif, sehingga tidak mengulangi kesalahan yang kita perbuat. Untuk mengetahui kedua hal tersebut kita dapat memilih Reach pada bar menu di sebelah kiri laman.

BACA JUGA  Tips Bagaimana Cara Memenangkan Hati Pelanggan

Selain itu, kita juga perlu melihat pada hari-hari di mana banyak orang melakukan unfollow. Kalau ada masa di mana banyak orang melakukan unfollow, maka kita perlu mencari tahu konten apa yang kita tayangkan pada hari itu, dan bagian mana yang membuat audiens terganggu. Dengan begitu, ke depannya, konten yang kita sajikan dapat lebih terarah dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari para audiens.

Menjadwalkan tayang pada waktu terbaik

Timing merupakan hal penting. Ketika kita melakukan posting di saat yang tepat, maka akan meningkatkan peluang bagi konten ataupun laman yang dikelola mendapatkan engagement yang terbaik.

Mengoptimalkan laman Facebook

Facebook Page Insight akan memperlihatkan kepada kita apa saja action yang dilakukan oleh audiens di dalam laman yang kita kelola. Seperti; kita dapat mengetahui apakah mereka melakukan klik pada tombol CTA, masuk ke dalam situs, melihat informasi kontak dan lain sebagainya.

Dari situ kita dapat mengetahui apa yang sebenarnya ingin dilakukan audiens di dalam laman Facebook terkait. Setelahnya kita dapat mengoptimalkan bagian mana yang mengundang banyak action.

Selain itu, kita juga dapat mengetahui bagian situs mana yang sebenarnya kurang bekerja maksimal atau membingungkan audiens. Sehingga kita dapat melakukan langkah selanjutnya, semisal mengganti copy pada tombol CTA atau mengganti pinned post. Perubahan kecil tersebut terkadang dapat memberikan dampak yang besar bagi perkembangan bisnis yang kita jalankan.

Memanfaatkan media sosial

Memanfaatkan atau menggunakan media sosial seperti Facebook ini memang dapat memberikan beragam keuntungan bagi brand. Asalkan dapat digunakan secara efektif dan juga terus melakukan analisia guna dapat menentukan strategi yang paling tepat bagi perkembangan brand. sumber ==> Getcraft

Facebook Comments
AdvertisementLamin Etam Advertising