Bagaimana Cara Melakukan Personal Branding?

Lamin Etam – Tiap orang perlu melakukan personal branding, apalagi Ketika dunia sudah makin sesak, ketika dunia sudah terkoneksi dengan amat mudah tanpa ada lagi batasan, tapi pertanyaanya bagaimana cara melakukan personal branding.

Lalu untuk apa? Fungsi dari Personal branding adalah membuat anda lebih memahami siapa diri anda, membantu anda mengerti cara mencapai tujuan hidup anda, dan juga membantu anda mendapatkan kekayaan.

Pertanyaannya, bagaimana cara melakukan personal branding? berikut beberapa tips dari lamin etam

1. Pertama : Pilih bidang anda

Untuk melakukan personal branding, pertama anda harus pilih salah satu bidang yang anda dikenal karenanya. Rasanya sulit untuk menjadi pakar di semua bidang walaupun itu mungkin saja dilakukan, Karena itu anda harus pilih bidang dimana anda punya passion yang kuat.

Misalkan anda punya passion yang sangat kuat di bidang search engine optimization, maka jadilah seorang yang ahli SEO. Bila perlu, anda bisa spesifikkan lagi. Misal, anda pakar dalam SEO google, maka jadilah pakar SEO untuk search engine Google. Jika anda pakar di bidang seo untuk maps, maka jadilah pakar SEO Google Maps.

2. Kedua : Bagikan ilmu

Berbagi ilmu yang jadi passion anda merupakan cara paling mudah untuk membangun branding kepakaran anda, dan anda bisa bagikan secara offline maupun online. Secara offline, anda bisa berbincang dengan banyak orang dengan membagikan ilmu yang anda tahu baik itu melalui diskusi, kelas, seminar, maupun workshop. Secara online, anda bisa melakukannya dengan berbagi di blog, forum, maupun social network, sehingga Orang-orang pasti akan senang mengenal anda.

BACA JUGA  Tips Bagaimana Cara Memenangkan Hati Pelanggan

3. Ketiga : Perluas Jaringan

Anda perlu untuk terus menerus memperluas jaringan anda,  Baik orang yang ada di lingkup bidang yang anda tekuni maupun tidak. Dengan memperluasan jaringan tersebut, pasti akan muncul peluang-peluang baru bagi anda.

4. Keempat : Prediksikan

Menjadi pakar berarti anda perlu berpikir seribu langkah ke depan dibandingkan orang awam. Prediksikan apa yang bakal terjadi di masa depan terkait bidang yang anda tekuni. Misalkan anda, seorang social media expert, bagaimana kira-kira Whatsapp di tahun 2020 nanti? Akan seperti apa Facebook saat google chrome mencabut layanan cookiesnya? dst.
Berpikir jauh beberapa langkah ke depan akan sangat membantu bangun personal branding yang anda lakukan.

5. Kelima : Lakukan continue

Jangan harap anda dapat melakukan cara-cara personal branding di atas dalam waktu satu hari lantas langsung berhasil, melakukannya perlu kesabaran, anda harus continue dan konsisten melakukannya. Pasti anda akan mulai menikmati hasilnya pada suatu hari. Meski demikian, ketika anda sudah mulai merasakan hasilnya, jangan berhenti. Terus olah personal branding anda. Sebab ini kegiatan yang tiada akhir.

Jangan harap dalam sehari setelah anda lakukan cara-cara personal branding di atas lantas akan langsung berhasil, melakukannya perlu kesabaran. Anda harus continue melakukannya. Pasti pada suatu hari, anda akan mulai menikmati hasilnya. Meski demikian, ketika anda sudah mulai merasakan hasilnya, jangan berhenti. Terus olah personal branding anda. Sebab ini kegiatan yang tiada akhir.

BACA JUGA  Tips Menggunakan Sosmed untuk Jualan

Ketika Personal Branding kita sudah terbentuk, maka pelanggan akan terua berlanggan dan akan dengan mudah percaya dengan semua yang kita tawarkan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya karena Lamin Etam akan Senantiasa berusaha menyajikan tips bisnis dan motivasi terupdate yang memberikan ilmu dan semangat baru buat kita semua.

Salam Hangat

Lamin Etam Advertising