Alat Tempur Pebisnis Online

Lamin Etam – Apakah anda punya bisnis online? Atau baru akan membuatnya? Kalian pasti paham benar pentingnya memiliki “alat tempur” pebisnis online ini. Apa aja sih alat tempur yang dimaksud? Bagaimana alat-alat ini dapat mendukung jalannya bisnis?

Perkembangan dan perubahan sosial memberikan peluang besar bagi siapa saja. Dan di era industri kreatif 4.0 bekerja mencari uang, tidak perlu pergi pagi pulang malam dan menghabiskan waktu di suatu ruangan tertentu, sebab itu akan sangat membosankan.

Walaupun sedang berada di rumah, nongkrong dan jalan-jalan tetap bisa menghasilkan uang lebih mudah. Karena, sektor bisnis mulai berkembang sejak kehadiran teknologi yang bertumbuh secara pesat. Ditambah pertumbuhan internet yang telah mengubah pola pikir dan tingkah laku masyarakat di seluruh dunia. Perubahan ini memberikan dampak positif dan negatif.

Salah satu dampak positifnya adalah lahir peluang usaha serta sektor pekerjaan baru di dunia maya. Dan dampak negatif perubahan ini dipengaruhi oleh penggunanya sendiri, salah satunya menjadi tertutup dalam lingkungan sosial di kehidupan nyata.

Sebagai manusia yang memiliki daya pikir dan nalar, seharusnya kita dapat memanfaatkan teknologi yang hadir untuk mempermudah. Kitalah yang mengendalikannya, bukan kita yang dikendalikan oleh perubahan tersebut.

Cara terbaik mengendalikan perubahannya yaitu menangkap peluang-peluang yang telah disuguhkan oleh perubahan. Misalnya, menjadikan internet dan media sosial sebagai wadah berjualan.

BACA JUGA  Modal Penting Untuk Jago Jualan

Walaupun dampak negatif dari perubahan seringkali membuat kita enggan membuka diri terhadap perubahan yang lebih. Tapi, sebagian besar dari kita telah menikmati dampak positifnya. Contohnya, dulu seorang ibu rumah tangga, mahasiswa atau pengangguran hanya bisa berjualan di rumah, lingkungan pendidikan atau tempat sekitarnya dengan penghasilan yang minim. Tapi, sejak adanya perubahan teknologi ini, kelompok-kelompok tersebut lebih tertolong dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

maka tak jarang, ibu rumah tangga dan mahasiswa menjual berbagai jenis produk melalui online. Lebih mudah, praktis, tidak perlu modal banyak dan bisa dikerjakan di mana saja.

Berbicara jualan online, pelaku usaha ini pun membutuhkan alat tempur yang lengkap agar penjualannya lebih maksimal. Yuk simak 5 alat tempur pebisnis online sebagai berikut!

Berikut daftar senjatanya :

1. Koneksi internet

“No internet, no business!”. Bisnis online tanpa internet sama saja omong kosong. Pastikan kuota internet tidak habis atau biasakan membawa wifi portable. Hal ini penting karena hampir semua kegiatannya dilakukan di dunia maya mulai penjualan hingga proses transaksi.

2. Smartphone

“Bisnis online dalam genggamanmu”. Smartphone penting untuk kamu yang punya mobilitas yang tinggi. Tak perlu mahal, terbaru, atau super canggih. Pastikan smartphone kamu mendukung beberapa aplikasi yang kamu butuhkan.

3. Media Komunikasi

Banyaknya pilihan media komunikasi, membuat pebisnis harus memilih media komunikasi paling efektif, mudah digunakan, dan populer di kalangan orang banyak atau pelanggannya. Seperti email, Whatsapp, LINE, dan Telegram.

BACA JUGA  Bagaimana Mengelola Resiko Bisnis Online

4. Sosial Media

Tak bisa dipungkiri bahwa Sosial Media salah satu alat tempur yang dibutuhkan dalam bisnis online. Hampir setiap orang yang memiliki smartphone pasti memiliki akun media sosial. Karena itu, brand-mu juga harus punya media sosial seperti Facebook
Page, Twitter, dan akun Instagram.

5. Website/Toko Online

Pebisnis yang serius dan ingin usahanya cepat berkembang akan sadar betapa pentingnya memiliki website. Banyak keuntungan yang didapat dari website seperti kredibilitas brand, target market yang luas, serta campaign iklan yang dapat berjalan dengan optimal. Alat Tempur Pebisnis Online

Bagaimana, apakah anda sudah menyiapkan alat tempurnya

Salam Hangat

Lamin Etam Advertising