Hosting Unlimited Indonesia

Lamin Etam – Bagaimana Strategi Instagram Marketing yang Menunjang Penjualan? Pengguna instagram semakin bertumbuh dengan pesat dari waktu ke waktu dan akan terus bertambah, untuk saat ini saja terhitung lebih dari satu miliar pengguna. Maka dari itu, instagram terus memperbarui dan meng-upgrade fitur-fitur yang tentu saja akan membuat semakin menarik minat pengguna. Sehingga wajar saja jika saat ini makin banyak pelaku bisnis yang menggunakan instagram sebagai salah satu media pemasarannya. Lalu bagaimana cara dan strategi mereka dalam memanfaatkan media sosial tersebut untuk menjual produk-produk usahanya?

Anda pasti berpikir bagaimana instagram bisa bekerja meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda. Caranya melalui konten berupa foto dan video yang disertai caption atau deskripsi singkat produk yang menarik, ternyata dapat mendorong pembeli untuk memiliki atau menggunakan produk yang Anda jual. Pertanyaanya kedmudian, Apa yang harus Anda lakukan untuk membuat hal ini terjadi?

Memaksimalkan pemanfaatan fitur-fitur instagram seperti post, caption, hashtag, followers, bio dan lain sebagainya secara optimal bisa meningkatkan jumlah customer baru untuk bisnis Anda. Beriklan pun bisa Anda lakukan melalui platform tersebut sesuai kebutuhan Anda, misalnya post timeline atau instagram story. Berikut 5 strategi yang dapat Anda coba dalam menyususn dan melakukan instagram marketing.

1. Ciptakan Komunitas Melalui Hashtag

Hashtag yang ada pada Instagram dapat dikatakan hampir sama fungsinya seperti hashtag pada media sosial lainnya, seperti pada Twitter. Fungsinya adalah untuk menjangkau audiens secara lebih luas. Melalui pencantuman hashtag, memungkinkan foto dan video yang Anda post akan dilihat oleh lebih banyak orang daripada jika Anda tidak menggunakan hashtag.

BACA JUGA  5 Fitur Top WhatsApp yang Diprediksi Muncul di 2020

Anda dapat menciptakan komunitas brand melalui hashtag yang bisa Anda manfaatkan sebagai campaign di instagram atau kepentingan lainnya. Misalnya akun instagram milik Tech in Asia Indonesia menggunakan hashtag #startupindonesia untuk membangun komunitas melalui pengguna aplikasi instagram. Sehingga para pengguna instagram yang tertarik dengan bidang start up dapat membagikan pengalaman mereka di lingkungan komunitas tersebut.

2. Promosikan Bisnis Anda Melalui Kerjasama dengan Pihak Luar

Para pelaku bisnis selalu berupaya meningkatkan penjualan produk melalui platform instagram instagram dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah melalui kerjasama dengan pihak luar atau influencer yaitu dengan cara saling mempromosikan konten atau akun kepada audiens. Tujuannya adalah untuk mempercepat peningkatan jumlah followers dari masing-masing akun yang bekerjasama tersebut karena memiliki kemiripan audience yang ditarget.

Apabila akun Anda diperkenalkan oleh akun lain kepada followers mereka, maka promosi akun bisnis Anda semakin dikenal luas dan memungkinkan followers Anda bertambah dengan sangat cepat. Namun, Anda harus tetap berhati-hati untuk memilih akun partner yang akan diajak bekerjasama karena tidak semua partner cocok dengan target pasar anda. Jadi, pilah dan tentukan mana akun yang sesuai atau sejalan dengan bisnis Anda.

3. Kesesuaian Tren Bisnis dan Followers

Strategi konten yang Anda berikan kepada followers harus menyesuaikan dengan perkembangan tren, khususnya untuk target pasar Anda. Apabila Anda telah memahami sasaran pasar Anda, selanjutnya Anda dapat menentukan foto atau video yang tepat untuk Anda sajikan kepada audiens.

BACA JUGA  Keunggulan Berbisnis Menggunakan Internet Marketing

4. Gunakan Fitur-fitur yang Tersedia

Semakin hari instagram terus mengembangkan layanan bagi pengguna dengan meningkatkan kecanggihan fitur-fiturnya. Sehingga, para pengguna pun dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan mereka khususnya untuk melakukan pemasaran. Seperti instagram story, fitur ini dapat memberikan informasi kepada follower melalui cerita yang dibagikan dalam bentuk gambar atau video real time dengan waktu tayang otomatis selama 24 jam.

Melalui fitur-fitur yang dihadirkan tersebut, Anda lebih mudah dalam mengelola konten berupa foto dan video untuk menjadi post yang berkualitas, sehingga memungkinkan menarik perhatian calon pembeli produk Anda. Jika Anda dapat mengoptimalkan semuanya, maka kualitas konten Anda juga menjadi maksimal.

5. Interaksi dengan Customer Sebagai Bentuk Engagement

Memulai marketing dengan platform Lamin Etam memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Membangun kesadaran pengguna akan bisnis Anda atau brand awareness membutuhkan strategi yang tepat. Maka dari itu, interaksi dengan pengguna melalui platform media sosial ini akan sangat membantu Anda dalam membangun engagement pengguna.

Cara yang biasa digunakan dalam membangun engagement salah satunya adalah dengan membangun kerjasama dan interaksi pada akun instagram yang memiliki target pasar sama dengan bisnis Anda. Trik ini biasanya dilakukan para admin media sosial dengan melakukan dialog di kolom komentar atau DM pada akun sasaran. Melalui cara tersebut pengguna instagram akan merasa dikenali secara khusus oleh akun Anda, sehingga dapat membangun engagement mereka.

BACA JUGA  Membuat Promo yang Menjual

Demikian Strategi Instagram Marketing yang Menunjang Penjualan bisa anda lakukan guna kelancaran dan meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda. Selain itu, masih banyak upaya yang harus Anda lakukan untuk terus memperluas pasar serta meningkatkatkan penjualan.Strategi Instagram Marketing

Salam Hangat

Lamin Etam Advertising

Facebook Comments
AdvertisementLamin Etam Advertising