5 Langkah Bisnis Tumbuh Secara Organik

Lamin Etam – Sebagai pebisnis, semua orang menginginkan bisnisnya Bisnis Tumbuh Secara Organik, serta tumbuh dan menghasilkan profit signifikan? Namun, bagaimana langkah bisnis tumbuh secara organik yang bisa anda rencanakan dan lakukan dalam bisnis?

Dalam memulai bisnis tahap awal yang harus Anda siapkan adalah dana yang terpisah dengan dana pribadi Anda. Jadi buatlah Rekening terpisah yang dibuat secara khusus untuk keuangan bisnis Anda. Berapapun jumlahnya, pisahkan!, ini yang dinamakan modal kerja.

Memang tidak sedikit bisnis yang bisa Anda jalankan tanpa modal kerja, tapi untuk menerima penghasilan dari bisnis Anda yang tanpa modal sekalipun, Anda harus menyiapkan rekening untuk menampung profitnya. Sekali lagi, PISAHKAN.

Mengapa harus dipisahkan? Agar Anda tau, alur keuangan bisnis Anda seperti apa.

Jika dalam Bisnis yang anda jalankan memiliki Modal, maka Anda bakal tau, setelah bisnis berjalan sekian bulan, berapa pertambahan modal, berapa keuntungan, juga berapa kerugian dalam bisnis tersebut.

Nah, jika Anda dapat DISIPLIN dengan pengaturan keuangan seperti yang saya sebutkan diatas, tentu modal kerja yang Anda kelola akan terus berputar dan makin membesar. Anda mau seperti itu kan? sama, saya juga.

Jika kita breakdown perputaran modal kerja agar makin membesar, setidaknya ada 5 tahap yang harus Anda perhatikan. Saya coba paparkan seperti ini :

1. Pisahkan Uang Bisnis dan Uang Pribadi.

Jika Anda tidak bisa mengukur, tentu nantinya gak bakal bisa di atur. Jadi pengukuran dalam sebuah bisnis itu adalah hal yang paling penting dan tidak bisa diabaikan serta tidak bisa sembarangan.

BACA JUGA  Hanya Untuk Anda Yang Ingin Jualannya Laris

2. SALES adalah Kunci dari Membesarnya MODAL.

Benar, SALES adalah kunci dari membesarnya modal. Percuma Anda memiliki modal yang besar, Aset yang banyak, Tim yang hebat, tapi jika tidak ada SALES, Roda Bisnis Anda tidak dapat berputar, dan tentu MODAL tidak akan membesar. Sepakat?

3. Jangan Banyak Gaya Dulu Ketika Untung.

Maksud saya begini, banyak dari kita yang langsung sumringah dan merasa puas ketika mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan. Beli Kaos dengan harga Reseller 50.000, lalu dijual dengan harga 100.000,-. Wow, untungnya 50.000,-. Padahal Biaya Operasional yang kita keluarkan sudah lebih dari 50.000. hehe

4. Hidup Menabung Modal, Lamban Tapi Kokoh.

Sudah pernah nonton Video-nya Kang Rendy Saputra tentang Ayam Kampung vs Ayam Boiler? klo belum buruan nonton gih, karena Kira-kira maksud dari point ke-4 ini adalah seperti itu. hehehe

Gak usah tergiur dengan suntikan modal hutang dari pihak lain tapi membesarlah dengan perputaran modal sendiri karena itu jauh lebih memuaskan daripada pertumbuhan karena suntika dana.

5. Kebutuhan Personal Jangan Sampai Menghambat Laju Pertumbuhan Modal.

Ini yang sering kita lakukan, hihih.. Bisa menciptakan Net Profit 1 juta, ambil uangnya lalu gunakan untuk beli Gadget, Keuntungan Net 5 juta, dipakai buat beli Hanphone baru. Kapan Modal Anda membesar…

Semoga setelah membaca tulisan ini, anda sudah memiliki bayangan gimana nantinya Anda memperlakukan modal bisnis
Anda?

BACA JUGA  10 Jalan Sederhana untuk Melipatgandakan Profit Bisnis Online Anda

Semoga tips langkah bisnis menghasilkan profit signifikan dan tumbuh secara organik ini bisa bermanfaat buat kita semua dan jangan lupa share artikel Lamin Etam biar lebih banyak orang yang menerima manfaatnya

Salam Hangat

Lamin Etam Advertising